Loading...

Destinasi wisata

Destinasi wisata

Home / Detail / teluk-biru

Teluk Biru

Teluk Biru, Surga Tersembunyi di Banyuwangi – Satu lagi surga tersembunyi di Banyuwangi yang masih belum terkenal seperti Green Bay (Teluk Hijau), Pulau Merah, Kawah Ijen (Ijen Crater) dan lain-lain, yang mempunyai nama hampir mirip dengan Green bay yaitu Blue Bay.

 

Blue Bay atau Teluk Biru yang satu ini berbeda dengan green bay. Jika green bay mempunyai keindahan pasir putih dan warna air lautnya yang kehijauan. Kalau Blue Bay atau Teluk Biru mempunyai keindahan bawah laut yang indah.

 

Teluk Blue Bay salah satu alternative snorkeling di banyuwangi selain pantai bama di baluran atau pulau tabuhan. Keindahan bawah laut Blue Bay tidak kalah dengan kedua wisata diatas. Laut disini juga masih asri dan belum terekpose, terbukti dari warna lautnya yang biru jernih. itulah kenapa teluk ini dinamakan teluk biru atau Blue Bay.

 

Agar tidak terjadi lagi pengeboman ikan, kawasan ini dilindungi oleh komunitas sekitar yang bernama Gemuruh (Gerakan Muncar Rumahku). Komunitas ini mempunyai beberapa kegiatan pelestarian lingkungan. Diantaranya adalah penanaman fish apartement, transplantasi terumbu karang, dan penanaman pohon mangrove yang bertujuan untuk menyelamatkan alam sekitar. Disini juga terdapat budidaya kerang mutiara yang PT. DISTY.

 

Lokasi Teluk Biru berada di Muncar Banyuwangi di balik semenanjung Sembulungan, Teluk ini masih masuk di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Masyarakat sekitar menyebut teluk biru dengan sebutan Senggrong. Jadi jika anda bertanya kepada masyarakaat sekitar dengan bertanya teluk Biru, anda tidak akan mendapatkan informasi yang anda cari. Jadi bertanyalah dengan sebutan Senggrong.

 

Akses darat menuju Teluk biru masih belum ada, jadi anda harus menyewa perahu atau boat untuk pergi kesana, harga pasaran menyewa perahu di banyuwangi sekitar Rp 300.000 hingga Rp 500.000. Ombak di daerah muncar cukup besar jadi kalau mau datang di pagi hari sampai siang hari, karena kalau di sore hari para nelayan tidak mau mengantarkan karena ombaknya yang terlalu besar. Lama perjalanan dari Muncar ke Teluk Biru sekitar 2 jam perjalanan. Waktu terbaik pergi ke Teluk Biru adalah di Jam 2 dini hari sehinnga anda bisa menikmati sunrise di tengah laut.


Berita Semua Berita

Seblang Olehsari Tradisi Banyuwangi Penghilang Mara Bahaya
Admin | 14 Juni 2019

Banyuwangi - Banyuwangi dikenal dengan budaya atau tradisinya yaitu Tari Gandrung. Namun Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengatakan Banyuwan

Baca Lengkap
Banyuwangi dan BUMN Garap Wisata Kantor Pos Berusia 149 tahun
Admin | 15 April 2019

BANYUWANGI – Menggandeng PT. Kantor Pos Indonesia, Banyuwangi akan mengembangkan wisata heritage. Kantor Pos yang didirikan pada tahun 1870 i

Baca Lengkap
Kawah Ijen
Admin | 22 Maret 2019

Kawah Ijen, sebuah kawah dari Gunung Ijen yang memiliki panorama indah yang bisa anda dikunjungi sebagai objek wisata pegunungan. Pemandangan indah

Baca Lengkap

Kontak Kami

Telepon
0812 3241 8005
Alamat
Jln. Kemuning No. 33B Glagah Banyuwangi