Loading...

Berita Banyuwangi

Berita Banyuwangi

Home / Detail / kawah-ijen

Kawah Ijen

Kawah Ijen, sebuah kawah dari Gunung Ijen yang memiliki panorama indah yang bisa anda dikunjungi sebagai objek wisata pegunungan. Pemandangan indah yang ditawarkan seakan memberi ketenangan tersendiri bagi para wisatawan. Walau pada dasarnya wisatawan perlu mendaki dengan bersusah payah, namun pada saat berada di puncaknya akan terbayarkan rasa lelah dan letih karena mendaki ke atas puncak Kawah Ijen dengan melihat pemandangan yang sangat indah dari ketinggian 2.799m.

 

Salah satu yang mengagumkan dari Kawah Ijen adalah fenomena Blue Firenya. Blue Fire itu sendiri adalah pemandangan fenomena api biru dari belerang di Kawah Ijen yang hanya ada 2 di dunia yaitu Kawah Ijen dan Islandia. Blue Fire ini hanya bisa dilihat saat malam hari pada pukul 01.00 - 02.00. Hal inilah sisi unik dari Gunung Ijen, dimana wisatawan yang ingin melihat Blue Fire harus mendaki mulai tengah malam agar tidak kehilangan fenoomena tersebut.

 

Selain itu, kawah ijen itu sendiri memiliki panorama yang indah, dengan air dalam kawah berwarna tosca dengan tepi-tepi tebing berwarna putih. Saat pagi menjelang, wisatawan juga bisa berburu pemandangan matahari terbit yang indah dan tidak boleh untuk dilewatkan begitu saja.

 

Karena merupakan wisata gunung, maka suhu di Kawah Ijen Banyuwangi yang satu ini sangat dingin. Apalagi saat malam hari ketika sedang mendaki. Suhu bisa sampai 2 derajad celcius. Maka dari itu, wisatawan harus tetap aktif dalam mendaki. Selama mendaki, bintang dan langit akan terlihat lebih terang sehingga pasti akan bisa memberikan pengalaman baru bagi wisatawan yang hadir.

 

Untuk menuju Kawah Ijen, perjalanan bisa dilakukan dari Kota Banyuwangi dengan menuju Paltuding gunung ijen. Pendakian akan dibuka mulai pada pukul 01.00 dini hari hingga pukul 12.00 siang.

Rute pendakian dari Paltuding sangat mudah dilihat, karena memang hanya terdiri dari 1 jalur pendakian. Dari Paltuding hingga Kawah Ijen, setidaknya dibutuhkan waktu mendaki kurang lebih 3 jam (tergantung stamina tubuh masing-masing). Jika ingin melihat blue fire, tentu harus tiba di Kawah Ijen sebelum jam 04.00 dan itu artinya pendakian harus dilakukan dengan cukup cepat.

 

Berikut ini ada beberapa tips wisata yang perlu diperhatikan agar wisata Anda berjalan tanpa hambatan, di antaranya:

  • Gunakan pakaian hangat karena suhu di Ijen sangat dingin.
  • Gunakan sepatu atau sandal gunung khusus untuk jalan kaki agar perjalanan menjadi nyaman.
  • Bawa bekal makanan ringan atau biskuit selama pendakian agar bisa memberikan stamina saat dibutuhkan.
  • Bawa bekal air minum untuk mengantisipasi rasa haus dan dehidrasi.
  • Selalu sewa masker khusus dari Paltuding. Namun jika lupa, di dalam perjalanan masih ada warga lokal yang menawarkan dengan harga Rp 25.000.
  • Bawa masker biasa, karena masker khusus pun kadang masih bisa menciptakan bau belerang dan mata menjadi pedih.
  • Bawa senter karena pendakian dilakukan di malam hari.
  • Bawa kamera terbaik untuk mengabadikan momen blue fire yang langka.
  • Dan jangan lupa jaga kebersihan di tempat wisata.

Demikianlah penjelasan mengenai Wisata Kawah Ijen yang perlu diketahui sebagai informasi jika ingin berkunjung ke sana. Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat berwisata.